Scroll untuk melanjutkan membaca
KABAR DAERAH

Hasil Qurah Jadwal Pemberangkatan Jamaah Haji Jawa Timur 2024, Pamekasan Dapat Kloter Terakhir

×

Hasil Qurah Jadwal Pemberangkatan Jamaah Haji Jawa Timur 2024, Pamekasan Dapat Kloter Terakhir

Sebarkan artikel ini
H. Mawardi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan saat menghadiri acara pemantapan jadwal kloter dan qurah keberangkatan haji 2024 di Surabaya.

PAMEKASAN | jatimtrending.com – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Pamekasan, Mawardi, hadir dalam kegiatan Pemantapan Jadwal Kloter dan Qurah Urutan Daerah yang diselenggarakan di Hotel Papilio Surabaya pada Ahad (24/3/24).

Acara ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram, yang menyampaikan beberapa poin penting terkait persiapan keberangkatan jemaah haji Indonesia 1445 H/ 2024 M.

Scroll untuk melanjutkan membaca
Scroll untuk melanjutkan membaca

Pada tahun 2023, jumlah jemaah haji Indonesia mencapai 221.000 orang, sedangkan pada tahun 2024 jumlahnya meningkat menjadi 241.000 jemaah.

Baca Juga  Melalui Silaturrahim, Bupati Sampang Ajak Ulama, Umara dan Santri Ikut Mengawal Pembangunan Kabupaten Sampang

Hal ini juga diikuti dengan peningkatan jumlah kloter dari 88 kloter pada tahun 2023 menjadi 106 kloter pada tahun 2024. Setiap kloter terdiri dari 371 orang, terdiri dari 366 jemaah haji dan 5 petugas kloter.

Data menunjukkan bahwa jumlah jemaah haji asal Jawa Timur juga mengalami peningkatan, mencapai 37.270 orang pada tahun 2024 dibandingkan dengan 35.152 orang pada tahun sebelumnya.

Keberangkatan pertama dari embarkasi Surabaya direncanakan pada 11 Mei 2024, sementara Kabupaten Pamekasan masuk dalam gelombang kedua dengan keberangkatan pada 10 Juni 2024 dan dijadwalkan Wuquf di Arafah pada 15 Juni 2024.

Baca Juga  Pemerintah Desa Madulang Gandeng Puskesmas Omben Gelar Khitanan Massal Gratis

Proses keberangkatan akan menggunakan pesawat Saudia Air dan berangkat dari Bandara Juanda. Kepulangan jemaah haji dimulai dari tanggal 22 Juni 2024 dengan kepulangan terakhir pada tanggal 22 Juli 2024.

Mawardi menyampaikan hasil qurah atau undian kloter berdasarkan Wilayah Kerja (WILKER) di Jawa Timur, bahwa untuk Madura masuk gelombang 2 dan kloter terakhir.

Baca Juga  Kepala KPLP Pastikan Tak Ada Pungli dan Peredaran Narkoba dalam Lapas Pamekasan, Setiap Pengunjung Digeledah dengan Ketat

Adapun urutannya adalah sebagai berikut:

  1. Bojonegoro
  1. Madiun
  1. Malang
  1. Jember
  1. Surabaya
  1. Kediri
  1. Madura

Mawardi juga mengatakan, dari hasil qurah tersebut khususnya Pamekasan, kami akan langsung melakukan persiapan dengan baik, kami juga akan langsung berkoordinasi dengan semua pihak terkait yang terlibat dalam proses persiapan, pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji.

“Kami berharap, mulai dari proses keberangkatan dan pemulangan jemaah haji dari Jawa Timur tahun 2024 lebih baik dari pelayanan tahun sebelumnya, berjalan lancar dan sukses, Jamaah sehat dan mabrur,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *