Scroll untuk melanjutkan membaca
PENDIDIKAN

Pintu-pintu Masuknya Syaitan ke Dalam Relung Hati Manusia, Apa Saja…? Yuk Kita Intip

×

Pintu-pintu Masuknya Syaitan ke Dalam Relung Hati Manusia, Apa Saja…? Yuk Kita Intip

Sebarkan artikel ini
Penulis : H. Syaifuddin, S.Si Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pamekasan Madura.

PAMEKASAN | jatimtrending.com – Penguasaan hati adalah target terbesar bagi syaitan untuk menjadikan manusia selalu melakukan dosa dan kesalahan.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

Scroll untuk melanjutkan membaca
Scroll untuk melanjutkan membaca

اِسْتَحْوَذَ عَلَيْهِمُ الشَّيْطٰنُ فَاَ نْسٰٮهُمْ ذِكْرَ اللّٰهِ ۗ اُولٰٓئِكَ حِزْبُ الشَّيْطٰنِ ۗ اَ لَاۤ اِنَّ حِزْبَ الشَّيْطٰنِ هُمُ الْخٰسِرُوْنَ

“Setan telah menguasai mereka, lalu menjadikan mereka lupa mengingat Allah; mereka itulah golongan setan. Ketahuilah, bahwa golongan setan itulah golongan yang rugi.” (QS. Al-Mujadilah 58: Ayat 19)

Jika pintu itu terbuka dan tidak terbentengi, Manusia akan melakukan maksiat, dan dosa yang lebih banyak. Dan di antara pintu2 sehingga syaitan pun bisa masuk ke dalam hati manusia adalah :

1. KEBODOHAN (AL-JAHL)

Pintu masuk syaitan yg terbesar adalah al-Jahl (Kebodohan), dan dari pintu inilah syaitan menguasai sebagian besar dari manusia, hingga mereka mengharamkan apa yg dihalalkan oleh Allah SWT, atau menghalalkan apa yang diharamkan-Nya, dan juga beribadah kepada Allah SWT dengan kebid’ahan yang menyelisihi sunnah.

Baca Juga  PSBB dan DPD AMPG Kabupaten Pamekasan Gelar Bakti Sosial "Khitan Gratis"

2. MARAH (AL-GHADHAB)

Manusia itu memiliki hawa nafsu yang gampang dipergunakan oleh syaitan utk menjeratnya dalam dosa. Salah satunya lewat amarah, syaitan pun menunggangi pikirannya, menusuk-nusuk hatinya dan akan keluar kata-kata syaitan yang kasar dan kotor dari mulutnya.

3. CINTA DUNIA (HUBBUD DUNYA)

Banyak manusia yg terlena menganggap Dunia itu tujuan, lalu melakukan segala macam cara untuk meraihnya. Syaitan menggunakan hidupnya sekedar untuk berfoya-foya dan bersibuk-sibuk mengejar dan menikmati keindahan dunia semata.

4. DENGKI (AL-HASAD)

Yaitu tidak menyukai Kenikmatan yg ada pada orang lain, dan dia mengharapkan hilangnya kenikmatan itu darinya, baik Berpindah kepada dirinya, ataupun tidak. Dan ini merupakan perbuatan dosa yang pertama kali terjadi di Langit yang telah dilakukan oleh Iblis.

Baca Juga  Nikah Sirri Dalam Konteks Islam, Yuk Kita Simak Penjelasannya...!

5. KEKENYANGAN

Imam asy-Syaafi’i رحمه الله berkata :

“Kekenyangan membuat Badan menjadi berat, hati menjadi Keras, bisa hilangkan kecerdasan, membuat sering tidur, serta lemah untuk beribadah.” (Siyar VIII/248).

6. KIKIR / TAKUT MISKIN

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman :

اَلشَّيْطٰنُ يَعِدُكُمُ الْـفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِا لْفَحْشَآءِ ۚ وَا للّٰهُ يَعِدُكُمْ مَّغْفِرَةً مِّنْهُ وَفَضْلًا ۗ وَا للّٰهُ وَا سِعٌ عَلِيْمٌ 

“Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kemiskinan kepadamu dan menyuruh kamu berbuat keji (kikir), sedangkan Allah menjanjikan ampunan dan karunia-Nya kepadamu. Dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 268)

Allahumma Sholli ‘Alaa Sayyidinaa Muhammad, Wa ‘Alaa Aali Wa Ashabihi Sayyidinaa Muhammad.

Baca Juga  Meminta Amal Jariyah di Jalan Untuk Pembangunan Masjid, Apa Hukumnya...?

Wallahu A’lam Bisshawab.

Yaa Allah Yaa Robb… Ampunilah dosa dan kesalahan Murrobi dan Guru² kami. Ampunilah kedua orang tua kami, ampunilah kami, keluarga kami dan saudara² kami.

Yaa Allah Yaa Robb… Sehat dan sembuhkan saudara dan sahabat kami yang sakit. Jadikanlah sebaik-baik amal kami pada penutupannya. Jadikan kami dan keluarga kami sehat zhahir dan bathin.

Ya Allah Ya Roob… Lindungilah kami dari berbagai penyakit, bencana dan kesulitan lainnya. Jadikan kami, insan yang pandai bersyukur dan bisa membahagiakan orang lain. Jadikan kami menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.

Ya Allah Ya Roob… Jadikan Negeri ini menjadi lebih baik.Robbana Taqobbal Minna, Terimalah dari kami (amalan kami), Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PENDIDIKAN

PENDIDIKAN| jatimtrending.com — Puasa Ramadan tahun 1445 Hijriyah ini mengandung makna tersendiri bagi kaum muslimin Indonesia. Betapa tidak puasa tahun ini bersamaan dengan momentum Pemilu tahun 2024 yang hingga kini…

PENDIDIKAN

POLITIK | jatimtrending.com – Peran Ulama maupun para Habaib yang menjadi tim pendukung pasangan Capres-Cawapres dalam pemilu  tahun 2024 ini ternyata tidak efektif dalam upaya menciptakan pemilu yang berkualitas. Pemilu …

PENDIDIKAN

PAMEKASAN | Jatim Trending – Seiring perkembangan zaman, peran guru tidak hanya terbatas pada tugas mengajar di kelas, tetapi juga menjadi sosok panutan dan idola bagi siswa. dikutip dari Halaman…