Scroll untuk melanjutkan membaca
KABAR DAERAH

Relawan Siaga Jaga Kota dan Pemkab Pamekasan Tanggap Bencana 2023 – 2024

×

Relawan Siaga Jaga Kota dan Pemkab Pamekasan Tanggap Bencana 2023 – 2024

Sebarkan artikel ini

PAMEKASAN | jatimtrending.com – Musim penghujan yang biasanya datang di setiap pergantian tahun membuat semua stakeholder di Kabupaten Pamekasan Jawa Timur terus siaga. Bahkan secara resmi pemerintah kabupaten dan kecamatan kota setempat kuatkan sinergi dengan pertemuan Sinergitas antara TNI dan polri bersama dinas terkait dan masyarakat.

Mereka nampak guyub bersama dalam satu forum penanggulangan bencana alam tahunan yang biasa datang di pusat kota bumi gerbang salam. Diantaranya kekhawatiran terkait adanya bencana banjir di akhir tahun pada awal musim penghujan dan bencana kebakaran yang kerap terjadi setiap minggunya selama ini.

Scroll untuk melanjutkan membaca
Scroll untuk melanjutkan membaca

Menurut Camat Pamekasan, Dr. Rahmat Kurniadi S. Semua pihak harus bergerak dan berperan aktif dalam penanganan bencana di kota. Tak hanya lingkungan pemerintah kabupaten dan kecamatan juga untuk masyarakat harus paham dan aktif.

“Alhamdulillah di kecamatan kota sudah mulai aktif adanya relawan jaga kota dan destana di semua tingkat kelurahan dan desa setempat,” ujarnya kepada media.

Ditambahkannya, tamu tahunan itu memang seperti suatu siklus yang kerap mengintai Masyarakat di daerah sepadan dan wilayah dekat sungai tengah kota. Sebab semua Dam yang ada di kabupaten Pamekasan seperti Dam Samiran, Dam Blumbungan dan Dam Klampar berpusat pada sungai di daerahnya.

Baca Juga  Bupati LIRA Pamekasan Diminta Masyarakat Maju Pileg 2024

“Bahkan tahun lalu kawasan kantor kecamatan kota juga menjadi daerah terdampak dan korban banjir juga yang merendam ruangan dan rumah dinas saya,” tandasnya.

Oleh karenanya setelah pertemuan itu, diharapkan ada gagasan apik dan tindak lanjut yang bisa diajukan oleh para peserta pertemuan. Semua itu, dibutuhkan agar segera ada solusi dan konsep bersama dalam penanggulangan bencana dimaksud kedepannya.

Baca Juga  Manfaat Daun Kelor Yang Perlu Kita Ketahui Untuk Kesehatan

Sekedar informasi, dalam kegiatan itu dihadiri oleh unsur forkopimca dan perwakilan jaga kota, disamping menghadirkan perwakilan BPBD kabupaten Pamekasan, Sat Pol PP dan damkar kabupaten Pamekasan. Mereka dengan rijit memberi materi pada perwakilan Destana, TPS 3R, KSM dan Karang Taruna serta berbagai organisasi kepemudaan setempat.

Dikesempatan ini pula dijabarkan oleh setiap narasumber terkait dengan pentingnya peran masyarakat dalam mitigasi dan penanggulangan bencana. Baik pada saat sebelum maupun saat bencana datang agar semua bisa berperan mengurangi risiko bencana yang biasa multi efek di masyarakat kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *