Scroll untuk melanjutkan membaca
KESEHATAN

Keterlibatan Pemerintahan Desa, Merupakan Kunci Keberhasilan Penurunan AKI, AKB dan Stunting di Kabupaten Sampang Tahun 2023

×

Keterlibatan Pemerintahan Desa, Merupakan Kunci Keberhasilan Penurunan AKI, AKB dan Stunting di Kabupaten Sampang Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Foto bersama Rapat Koordinasi Lintas Sektor dan Lintas Program bersama Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Sampang dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Graha Jokotole Kantor Kecamatan Omben, Sampang.

SAMPANG | jatimtrending.com – Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan Stunting, merupakan salah satu Program prioritas Pemerintah Provinsi Jawa timur. Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Sampang merupakan salah satu kabupaten yang berhasil menurunkan AKI, AKB dan Stunting di tahun 2023.

Untuk itu Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Sampang, Lintas sektor dan Lintas Program menggelar rapat koordinasi penurunan AKI, AKB dan Stunting bertempat di Graha Jokotole Kantor Kecamatan Omben, Sampang, Selasa, (05/12/2023).

Scroll untuk melanjutkan membaca
Scroll untuk melanjutkan membaca

Kegiatan tersebut dilakukan untuk koordinasi dan mengetahui kegiatan dan inovasi yang telah dilakukan oleh Desa / Kelurahan dalam upaya menurunkan AKI, AKB dan Stunting sebagai Best Practice yang bisa di Replikasi / ditiru oleh Kabupaten lainnya di Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga  Inggris Awasi Varian 'Deltacron', Gabungan Delta-Omicron

Hadir dalam kegiatan tersebut, dr. Tri Wahyu Liswati Kadis DP3AK Provinsi Jawa Timur, Cicik Siwi Antika Kasi KGM Dinkes Provinsi Jawa Timur, Erinda Dwi Aryanti PPID Bappeda Provinsi Jawa Timur, Siti Hajar Kabid Kesmas Dinkes & KB kabupaten Sampang, Anas Muslim Kabid Pemerintahan Bappeda kabupaten Sampang, Camat Omben Didik Adi Pribadi, Kepala UPTD Puskesmas Omben dan Puskesmas Jrangoan, Kepala Desa dan Kader di Wilayah Kerja Puskesmas Omben.

Dalam sambutannya, Siti Hajar selaku Kabid Kesmas Dinkes & KB, menjelaskan keberhasilan capaian penurunan AKI, AKB dan Stunting di Kabupaten Sampang tahun 2023 yang sangat signifikan.

“Keberhasilan ini merupakan kerjasama Lintas Sektor dan Lintas Program, bersinergi bersama-sama bekerja dalam menurunkan AKI, AKB dan Stunting, terutama keterlibatan Pemerintahan Desa secara langsung kepada masyarakatnya melalui Kader Desa yang sudah dibentuk,” ucapnya.

Baca Juga  8 Khasiat Nanas Bagi Kesehatan Tubuh Untuk Diketahui Bersama

Hajar sapaan akrabnya juga menyampaikan kalau penurunan AKI, AKB dan Stunting merupakan salah satu Indikator  keberhasilan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Sampang didalam IPM (Indeks Pembangunan Manusia), Alhamdulillah di Tahun 2023 Kabupaten Sampang berhasil menurunkan AKI, AKB dan Stunting.

Sementara Erinda Dwi Aryanti, PPID Bappeda Provinsi Jawa Timur, memberikan arahan serta kebijakan tentang upaya penurunan AKI, AKB dan Stunting di Kecamatan Omben, dan mengapresiasi Kepala Desa di Wilayah Kerja Puskesmas Omben yang sudah menganggarkan di Dana Desa tentang Program penurunan AKI, AKB dan Stunting.

Keterlibatan Lintas sektor dan Lintas Program terutama dengan Pemerintah Desa sangat kami harapkan karena itu langsung bersentuhan dengan masyarakat dalam penurunan AKI, AKB dan Stunting, Seperti penganggaran dana pemberian PMT (Pemberian Makanan Tambahan) untuk Ibu Hamil dan PMT bayi untuk menangani Stunting,” tukasnya.

Baca Juga  PBNU Angkat Presiden Jokowi Jadi Dewan Pengampu GKMNU, Begini Penjelasan Gus Yahya…!

Menurut Erinda, dengan keikutsertaan Desa menganggarkan Dana Desa dan keterlibatan Swadaya Masyarakat untuk Pembangunan Polindes itu juga menunjukkan bahwa Desa itu merupakan Desa Siaga terhadap kesehatan, terutama Ibu hamil dalam memeriksa kehamilan dan persalinannya di Polindes (Pondok Bersalin Desa).

AKI dan AKB merupakan barometer pelayanan kesehatan di suatu negara, karena ibu dan bayi merupakan aset yang berharga bagi negara. Persalinan di Fasilitas Kesehatan merupakan salah satu elemen kunci penurunan kematian Ibu dan Bayi,” tutupnya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *