Scroll untuk melanjutkan membaca
KABAR DAERAH

Wujudkan Kesehatan Kerja Petani, HIPNI Gandeng UPTD Puskesmas Omben Lakukan Pembinaan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

×

Wujudkan Kesehatan Kerja Petani, HIPNI Gandeng UPTD Puskesmas Omben Lakukan Pembinaan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Sebarkan artikel ini
Ust Dulqirom Ketua HIPNI Omben dan Hari Setia Hendra Kordinator Penyuluh Pertanian BPP Omben beserta seluruh anggotan HIPNI dalam acara pertemuan rutin bulanan

SAMPANG | jatimtrending.com – HIPNI Omben (Himpunan Petani Omben) gandeng UPTD Puskesmas Omben mengadakan Pembinaan Upaya Kesehatan Kerja (UKK) kepada petani di Dusun Bujin Desa Meteng, Omben, Sampang, Kamis (25/10/2023).

Yang hadir dalam acara tersebut, Kabid Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Sampang, Kordinator Penyuluh Pertanian BPP Omben, Semua Kelompok Tani di Kecamatan Omben yang diwakili 3 orang tiap Kelompok, tokoh masyarakat, tokoh agama dan Tim Kesehatan UPTD Puskesmas Omben.

Scroll untuk melanjutkan membaca
Scroll untuk melanjutkan membaca
Tim Kesehatan UPTD Puskesmas Omben saat melakukan pemeriksaan kesehatan gratis kepada anggota HIPNI Omben di Dusun Bujin Desa Meteng, Omben, Sampang.

Dalam sambutannya, Subaidi selaku PJ UKM Pengembangan UPTD Puskesmas Omben menyampaikan, “Petani dalam mengolah sawah harus tetap terjaga kesehatannya, untuk itu kami akan selalu hadir dalam pertemuan rutin HIPNI Omben untuk melakukan pemeriksaan kesehatan gratis.”

Baca Juga  Tiga OKP Mahasiswa Kompak Kawal Berbagai Polemik di Pamekasan, Mulai Soal Galian C dan Sulitnya Dapat Pupuk

Mas Subai sapaan akrabnya menyampaikan “Disamping pemeriksaan kesehatan gratis, kami juga akan melakukan pembinaan kesehatan yaitu menjelaskan pertolongan pertama resiko yang mungkin terjadi selama bertani seperti kena cangkul, digigit ular, kena celurit dan keracunan pestisida,” tandasnya.

Kemudian UPTD Puskesmas Omben melalui Ayu Mahardika selaku PJ Imunisasi memberikan penjelasan tentang Imunisasi. Menitip kepada semua tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh anggota kelompok tani yang hadir agar menyampaikan kepada keluarga, tetangga dan masyarakat sekitar pentingnya imunisasi pada anak.

Baca Juga  Berhasil Padukan 2 Kultur, Nur Faisal Apresiasi Komunitas Sampang Kreatif

“Kami berharap dengan adanya informasi itu, para orang tua akan mengizinkan anaknya untuk di Imunisasi, yang bisa dilakukan mulai dari anak baru lahir agar terlindungi dari penyakit seperti Hepatitis,” ungkapnya.

Sementara, Hari Setia Hendra selaku Kordinator Penyuluh Pertanian Omben kepada jatimtrending.com menyampaikan, HIPNI merupakan organisasi yang pesertanya dari berbagai elemen masyarakat, Apel (Kepala Dusun), tokoh masyarakat, tokoh agama, semua kelompok tani dari 20 Desa yang ada di Kecamatan Omben.

Baca Juga  Demi Warga, Tidak Ada Kata Libur Bagi Bupati Sampang

“Terbentuknya HIPNI Omben, yang pertama menjadi wadah silaturrahim antar kelompok tani yang ada di kecamatan Omben, yang kedua agar bantuan pupuk bersubsidi dari Pemerintah terkontrol dan tepat sasaran, yang ketiga mewujudkan petani Omben yang modern dengan memakai teknologi pertanian yang baru,” tandasnya.

Pengakuannya, Pertemuan HIPNI Omben sudah berlangsung 20 kali pertemuan dan dalam 1 bulan ada 2 kali pertemuan, keliling bergantian seperti halnya arisan, semoga HIPNI Omben bisa Istiqomah dan petani Omben bisa makmur dan sejahtera dengan hasil tani yang maksimal.

Diakhir acara, HIPNI Omben yang dikomandani Ust Dulqirom sambil membaca Sholawat Asyghil menggalang donasi kemanusiaan kepada para anggotanya untuk saudara-saudara muslim yang ada di Palestina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *