Scroll untuk melanjutkan membaca
KABAR DAERAH

Bermula Perbuatan Tidak Menyenangkan, Rumah Di Gladak Anyar Diduga Tidak Mengantongi Izin IMB

Avatar photo
×

Bermula Perbuatan Tidak Menyenangkan, Rumah Di Gladak Anyar Diduga Tidak Mengantongi Izin IMB

Sebarkan artikel ini

Pamekasan| JatimTrending.com- Diduga tidak mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB) salah satu rumah milik warga pamekasan di datangi pihak Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman(DPRKP) kabupaten pamekasan, madura, Jawa, Timur. Rabu (25/10/2033)

Sebut saja Mustafa warga di RT 02 RW 04 kelurahan Gladak Anyar kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan Madura Jawa Timur pada hari Selasa 24/10/2023), rumahnya didatangi petugas DPRKP lantaran ada dugaan tidak mengantongi izin IMB.

Scroll untuk melanjutkan membaca
Scroll untuk melanjutkan membaca

Sementara dari informasi yang dihimpun oleh media, rumah Mustafa itu juga sedang ada masalah aliran air pembuangan ditumpahkan ke rumah tetangganya, hingga di nilai telah merugikan tetangga sekitar.

Baca Juga  Dinkes dan KB Sampang Tandatangani Kontrak Tenaga BLUD Puskesmas

Sudah bertahun-tahun kami mengingatkan pemilik rumah itu, tapi terkesan diabaikan begitu saja. Hingga akibatnya di kala hujan dampak terjadi banjir,” ungkap warga yang tidak mau disebut namanya kepada media.

Sementara itu, dari hasil keterangan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Muharram melalui Ansori, mengakatan yang tidak perlu izin IMB itu adalah untuk kegunaan publik dan investasi.

“Di luar dari itu, tidak ada yang bisa mendirikan bangunan tanpa IMB. Tetapi menurut beberapa sumber, bangunan bersejarah juga tidak wajib untuk mengurus IMB lagi,”jelasnya.

“Tetapi jika ada bangunan yang tidak tertib dalam mengikuti aturan pembangunan, maka akan ada sanksi dan hukuman administratif yang dapat diberikan dan ini aturan Pemerintah,”tambahnya.

Baca Juga  Salah Satu Calon Kepala Desa Pangurayan Mengadakan Sunatan Massal Gratis

Selanjutnya, melihat apa yang dijelaskan pada UU Pasal 115 ayat 2 PP No. 36 tahun 2005, setiap bangunan yang jika diperiksa tidak memiliki IMB dan bukan masuk ke kriteria bangunan yang tidak memiliki IMB, maka dapat secara legal dibongkar karena melawan regulasi yang ada.

“Bangunan yang sedang direnovasi atau sudah lama berdiri juga tetap membutuhkan IMB. Bahkan gapura juga butuh izin mendirikan bangunan dan harus diverifikasi dulu. Jadi, IMB ini bukan sembarang, tetapi keharusan agar bangunan lebih rapi, teratur, dan terjamin aman,”

Selain itu, bangunan yang tidak perlu IMB harus penuhi kriteria tertentu dulu agar tidak dijerat hukum yang bisa sampai bangunan itu dibongkar.

Baca Juga  Upacara Hari Kesaktian Pancasila Berjalan Hikmat, Bupati Sampang Bertindak Sebagai Inspektur Upacara

“Apabila dalam pelaksanaan pembangunan bangunan gedung terjadi ketidaksesuaian terhadap IMB dan atau menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan, maka pengawas pelaksanaan wajib menghentikan sementara pelaksanaan pembangunan bangunan gedung,”

“Jika terbukti ada ketidaksesuaian, setiap pemilik bangunan gedung, pengguna bangunan gedung, penyedia jasa konstruksi bangunan gedung dapat dipidana dan juga dapat dikenakan sanksi administrasi” pungkasnya.

Perlu diketahui bersama bahwa, tanah rumah bangunan tersebut menjadi polomik warga sekitar dan beberapa waktu ada kasus sengketa dengan warga sekitar dan melanggar aturan pemerintah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *