Scroll untuk melanjutkan membaca
KESEHATAN

Hasil Riset, 11 Manfaat Pertemanan Bagi Kesehatan Tubuh

Avatar photo
×

Hasil Riset, 11 Manfaat Pertemanan Bagi Kesehatan Tubuh

Sebarkan artikel ini

KESEHATAN | jatimtrending.com – Memiliki banyak teman membuat hidup lebih bermakna dan berwarna. Apalagi dengan pertemanan membuat kamu lebih baik dan dewasa.

Teman yang baik bisa memengaruhi cara kamu memandang kehidupan. Kehadiran teman membantu kamu melewati fase kehidupan yang sulit menjadi lebih ringan.

Scroll untuk melanjutkan membaca
Scroll untuk melanjutkan membaca

Teman yang baik juga bisa membuatmu lebih menghargai diri sendiri. Tak heran, manfaat banyak teman bisa berdampak positif pada kesehatan psikologis maupun fisik.

Berikut 11 manfaat pertemanan bagi kesehatan :

1. Meningkatkan Kekekalan Tubuh

Manfaat memiliki teman membuat tubuh cenderung lebih cepat tanggap dalam keadaan khusus. Hal ini membuat risiko menderita penyakit tertentu menjadi lebih rendah.

Contoh, dengan kehadiran teman saat kamu sedang sakit membuat proses penyembuhan relatif lebih cepat.

2. Memperpanjang Harapan Hidup

Dari hasil penelitian, menjaga pertemanan diyakini dapat memperpanjang usia. Bahwa seseorang yang punya hubungan pertemanan yang kuat cenderung lebih panjang umur dibandingkan orang yang tidak memiliki teman.

Baca Juga  Polresta Cilacap Ringkus Pelaku Penganiayaan dan Perundungan Siswa (Video Viral) di Cimanggu

3. Menjaga Ketajaman Pikiran

Penelitian menemukan bahwa memiliki teman memberikan dampak positif pada kemampuan kognitif, seperti menyimpan, menerima, dan mengembangkan informasi yang diperoleh.

Sebaliknya, orang tua yang kesepian memiliki risiko lebih tinggi menderita demensia.

4. Mengurangi Stress

Hasil riset, Pertemanan bisa mengurangi tingkat stress. Hubungan pertemanan membantu tubuh mengontrol stress lebih baik dengan menurunkan produksi hormon kortisol yang memicu stress.

5. Bantu Turunkan Tekanan Darah

Hubungan pertemanan yang sehat dapat membantu kamu menjadi lebih tenang dan percaya diri dalam menjalani hidup. Manfaat banyak teman bisa mengurangi stres yang pada gilirannya membuat tekanan darah kamu jadi lebih terkontrol.

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang tidak memperoleh dukungan sosial berisiko mengalami tekanan darah tinggi.

Baca Juga  Vaksinasi Di Ponpes Nurul Jadid Probolinggo Ditinjau Langsung Kapolri Dan Wakapolda Jawa Timur

6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Dukungan sosial dan emosional dari lingkungan pertemanan bisa membuat kamu lebih percaya diri menghadapi tantangan. Dukungan dari teman bisa membuatmu merasa lebih yakin mengambil sebuah keputusan.

Kamu pun jadi lebih percaya diri, dibandingkan menghadapi sesuatu sendirian.

7. Menjaga Berat Badan Ideal

Kamu bisa termotivasi menjalani pola hidup sehat ketika memiliki lingkungan pertemanan yang menerapkan gaya hidup sehat. Pada gilirannya, hal ini bisa membantumu menjaga berat badan ideal.

Pertemanan yang baik juga memotivasi kamu untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan kesehatan.

8. Menambah Kebahagiaan

Bersosialisasi dengan teman-teman dekat bisa bikin suasana hati menjadi lebih baik sehingga kamu jadi lebih bahagia. Banyak peneliti sepakat bahwa kebahagiaan bisa diperoleh salah satunya dengan membangun ikatan emosional bersama teman.

9. Meningkatkan Efektivitas Kemoterapi

Baca Juga  Demi Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakatnya, Pemerintah Desa Madulang Gelar Musyawarah Masyarakat Desa

Menurut studi yang dimuat jurnal Cancer, dukungan emosional membantu meningkatkan harapan hidup penderita kanker. Dukungan yang diperoleh pasien kanker juga bisa meningkatkan efektivitas kemoterapi, yaitu terapi pengobatan untuk memberantas pertumbuhan sel kanker.

10. Mengatasi Trauma Penolakan

Hubungan pertemanan yang sehat bisa membuat kamu merasa diterima apa adanya. Apabila kamu memiliki trauma ditolak dan dikucilkan dari pergaulan, pertemanan dapat membantumu kembali percaya diri menjalin hubungan emosional dengan orang lain.

11. Meningkatkan Kualitas Hidup

Manfaat punya banyak teman dapat membuat kualitas hidup menjadi lebih baik. Dukungan dari teman bisa membantumu mengatasi situasi sulit sehingga kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Manfaat banyak teman baik untuk kesehatan fisik dan mental. Karena itu, jaga sehatmu dan persahabatanmu bersama orang-orang terpercaya yang bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik dan mental.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *