Scroll untuk melanjutkan membaca
KESEHATAN

Lima Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Untuk Kesehatan Jantung

×

Lima Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Untuk Kesehatan Jantung

Sebarkan artikel ini

Kesehatan, Jatim Trending – Jahe merupakan salah satu tanaman obat tradisional yang paling populer. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya dalam menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi gejala berbagai penyakit.

Dimusim hujan dan ketika cuaca dingin, kebanyakan orang biasanya minum minuman jahe untuk menghangatkan tubuh. Selain rasanya yang enak, minuman jahe juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Scroll untuk melanjutkan membaca
Scroll untuk melanjutkan membaca

Jahe mengandung antibiotik alami yang mampu mengobati masalah perut seperti mual. Namun tidak hanya itu saja, terdapat banyak manfaat lain dari jahe yang perlu kita ketahui, antara lain:

Baca Juga  Demi Warga, Tidak Ada Kata Libur Bagi Bupati Sampang

1. Mengurangi Reaksi Alergi

Minuman jahe mengandung Anti-inflamasi yang dapat meredakan reaksi alergi, juga dapat menenangkan respons peradangan yang disebabkan oleh alergi.

2. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi jahe adalah cara alami dan sehat untuk menurunkan berat badan. meskipun klaim ini perlu penelitian lebih lanjut, minum teh jahe hangat memang membuat anda merasa lebih kenyang.

3. Meredakan Nyeri Haid

Dari sifatnya sebagai pereda nyeri, minuman jahe berfungsi untuk mengatasi kram menstruasi atau meredakan nyeri haid.

4. Meredakan Nyeri Sendi dan Otot

Tidak hanya meredakan nyeri haid, minuman jahe juga sudah lama dikenal dapat meredakan nyeri sendi akibat peradangan dan nyeri otot. Jahe juga bisa digunakan sebagai obat alami asam urat karena memiliki sifat anti-inflamasi.

Baca Juga  Manfaat Tomat Ceri untuk Kesehatan dan Cara Tepat Mengonsumsinya

5. Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan, mineral dan asam amino dalam jahe dapat membantu melindungi dari penyakit jantung. Minuman jahe dapat memperlancar peredaran darah, menurunkan kolesterol, meredakan sakit maag, mencegah serangan jantung, serta menurunkan tekanan darah.

Semoga tips minuman Jahe ini menjadi alternatif untuk kesehatan tubuh kita, namun harus dikonsultasikan dulu dengan dokter mengenai jumlah asupan jahe yang aman, karena kalau dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan kembung atau mulas. Pastikan mengkonsumsi Jahe tidak lebih dari 5gram/ hari. Sebaiknya minuman jahe diminum setelah makan.

Baca Juga  Setelah Re-Akreditasi Oleh LPA KMKP, UPTD Puskesmas Omben, Sampang Kebanjiran Kaji Banding Dari Beberapa Puskesmas di Jawa Timur

Berikut cara membuat minuman Jahe yang bisa kita buat dirumah :

1. Cuci jahe yang akan digunakan (jahe biasa atau merah);

2. Parut 1 sendok jahe yang sudah dicuci;

3. Rebus 4 gelas air sampai mendidih;

4. Masukkan parutan jahe ke dalam air mendidih dan diamkan selama 5-10 menit;

5. Saring air jahe;

6. Tambahkan madu, lemon atau jeruk nipis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *