Scroll untuk melanjutkan membaca
NASIONAL

Catatan Jurnalis PIJP, Reformasi Polri Harus Menyeluruh dan Utuh

Avatar photo
×

Catatan Jurnalis PIJP, Reformasi Polri Harus Menyeluruh dan Utuh

Sebarkan artikel ini

Pamekasan, Jatim Trending – menyambut momentum Hari Bayangkara bulan Juli mendatang beberapa jurnalis tuliskan beberapa catatan untuk melangkah bersama masyarakat adalah pendekatan yang digunakan oleh Polri dalam perjalanan reformasi dan pelayanan kepolisian. Senin (12/6/2023)

Pasalnya, tujuan dari pendekatan ini adalah membangun hubungan yang erat dan saling percaya antara polisi dan masyarakat untuk menciptakan keamanan dan ketertiban yang lebih baik.

Scroll untuk melanjutkan membaca
Scroll untuk melanjutkan membaca

Anggota Paguyuban Insan Jurnalis Pamekasan (PIJP) Romlah memiliki sudut pandang tersendiri dalam perjalanan reformasi Polri harus menyeluruh dan utuh sehingga mengalami perubahan struktur dan manajemen yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kapasitas anggota Polri.

“Polri juga menerapkan pendekatan polisi berbasis masyarakat dengan kata lain mampu berinteraksi aktif dengan masyarakat, mendengarkan keluhan mereka, dan bekerja sama dalam mengidentifikasi serta menyelesaikan masalah keamanan di lingkungan sekitar,” paparnya

Baca Juga  Warga Muhammadiyah Shalat Ied Hari ini

Selain itu, Romlah yang merupakan akademisi menyampaikan partisipasi masyarakat menjadi hal penting dalam pelayanan dan pencegahan kejahatan. Polri mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam melaporkan kejahatan, ikut serta dalam program keamanan lingkungan, serta memberikan edukasi dan pelatihan kepada masyarakat mengenai pentingnya keamanan dan peran mereka dalam menjaga ketertiban.

“Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan, Polri mengadopsi teknologi dan sistem informasi seperti pelaporan online, penggunaan CCTV, dan aplikasi mobile untuk mempermudah akses pelayanan dan meningkatkan respons terhadap kejahatan. Namun, dalam implementasi pendekatan ini, Polri juga menghadapi tantangan dan hambatan seperti keterbatasan anggaran, kurangnya kesadaran masyarakat, dan kompleksitas perkembangan kejahatan,” katanya.

Selanjutnya, hasil dari pendekatan melangkah bersama masyarakat mencakup peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap polisi, peningkatan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan, penurunan tingkat kejahatan, serta terciptanya hubungan yang harmonis antara polisi dan masyarakat. Semua ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang aman, harmonis, dan berkeadilan.”Pelayanan Polri juga terus berkembang dengan adanya inovasi teknologi dan sistem informasi. Penggunaan teknologi dalam tugas kepolisian seperti sistem pelaporan online, penggunaan CCTV, dan pengembangan aplikasi mobile memberikan kemudahan dan kecepatan dalam menangani kasus kejahatan serta mempermudah akses pelayanan bagi masyarakat.Namun, perjalanan reformasi dan pelayanan Polri tidaklah tanpa tantangan,” imbuh Romlah anggota PIJP

Baca Juga  Idul Adha Tahun Ini, Muhammadiyah Pamekasan Terima 122 Ekor Hewan Untuk Qurban

Di lain itu, terdapat berbagai hambatan dan kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan perubahan-perubahan tersebut. Beberapa di antaranya adalah kurangnya anggaran, kurangnya kesadaran masyarakat terhadap hak dan kewajiban mereka dalam menjaga keamanan, serta tantangan dalam menghadapi perkembangan kejahatan yang semakin kompleks dan canggih.

“Dalam tulisan ini, kita akan menjelajahi lebih jauh tentang perjalanan Polri dalam melangkah bersama masyarakat, mengatasi tantangan-tantangan tersebut, dan upaya-upaya yang dilakukan untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” pintanya

Baca Juga  Deklarasi Damai Menkopolhukam Bersama Tokoh Madura, Bupati Sampang H Slamet Junaidi: Kita Wujudkan Pemilu 2024 Aman, Damai dan Bermartabat

Kemudian Romlah berdalih di sinilah polri peningkatan kesadaran dan partisipasi masyarakat melalui program sosialisasi, pendidikan, dan kampanye kesadaran, masyarakat menjadi lebih sadar akan peran dan tanggung jawab mereka dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Masyarakat juga diajak untuk berpartisipasi aktif dalam pencegahan kejahatan, seperti melaporkan tindakan mencurigakan, ikut serta dalam program keamanan lingkungan, atau berkontribusi dalam kegiatan pencegahan kejahatan lainnya. selain itu Peningkatan Kualitas Pelayanan: Dalam pendekatan “Melangkah Bersama Masyarakat”, Polri berkomitmen untuk memberikan pelayanan publik yang responsif, berkualitas, dan adil.

“Dengan mengedepankan kebutuhan masyarakat, Polri berupaya untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan yang diberikan. Hal ini mencakup penanganan laporan kejahatan, pengaduan masyarakat, serta layanan administrasi kepolisian lainnya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *