Scroll untuk melanjutkan membaca
NASIONAL

Calon Jamaah Haji Indonesia Bikin Geger Maskapai Penerbangan, Minta Turun Pesawat Untuk Ngasih Makan Ayam Peliharaannya Di Kampung

Avatar photo
×

Calon Jamaah Haji Indonesia Bikin Geger Maskapai Penerbangan, Minta Turun Pesawat Untuk Ngasih Makan Ayam Peliharaannya Di Kampung

Sebarkan artikel ini

Jatim Trending – Calon Jamaah haji Indonesia Mbah Juhani (95) asal Kampung Batujaya, Desa Baribis, Kecamatan Cigasong, Majalengka, bikin geger Dunia Penerbangan dan pers. Pasalnya, setelah pesawat lepas landas saat perjalanan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka menuju Arab Saudi beberapa waktu kemudian tiba-tiba minta turun dari pesawat karena teringat ayamnya di kampung belum dikasih makan.

Mbah Juhani dari catatan KKJH mengalami demensia. Kasus calon jamaah haji Indonesia yang mengalami demensia atau menurunnya daya ingat ini cukup tinggi. Pada umumnya, ini dialami oleh jemaah haji lanjut usia (lansia).

Scroll untuk melanjutkan membaca
Scroll untuk melanjutkan membaca

Thafsin Al Farizi, selalu Kasi Kesehatan PPIH Daker Madinah, menyampaikan bahwa kasus calon jamaah haji yang mengalami demensia rata-rata yang usianya lebih dari 60 dan 65 tahun. Minggu (04/06/2023)

Al Farizi juga mengatakan, ada beberapa sebab jemaah memgalami demensia. Selain faktor usia, juga bisa karena kurang cairan dan istirahat serta kondisi kesehatan.

Baca Juga  Pemotor Tewas Tertabrak Trailer di Situbondo

“Pencetusnya bisa juga karena hal-hal situasi dan kondisi yang berbeda geografisnya seperti perjalanan dari Tanah Air selama 9 jam sehingga terjadi disorientasi tempat,” jelas Al Farizi. 

Untuk mencegah calon jamaah haji yang mengalami ini, Al Farizi memberi saran agar jemaah tetap berada dalam rombongannya dan petugas yang menyertainya memberikan perhatian secara khusus kepada jemaah lansia.

“Petugas harus mampu mengidentifikasi jemaah secara dini dengan cara supervisi ke kamar jamaah yang resti,” pungkasnyai.

Baca Juga  Aksi Gapura Geruduk Kejati Jawa Timur Terkait Mega Proyek Di Pamekasan

Menurutnya, jumlah calon jamaah haji yang dirawat sejak awal kedatangan pada 24 Mei hingga 1 Juni 2023 mencapai 77 orang. Rinciannya, 50 pasien dirawat di KKHl dan 27 orang di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS). 

Berdasarkan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), jumlah jemaah haji yang meninggal dunia hingga saat ini sebanyak 11 orang. Umumnya, disebabkan karena jantung dan paru-paru. (AT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *